Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023

Alur Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023

  • Daftar Akun SIM KIP di web kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  • Pilih Seleksi Mandiri > Seleksi Mandiri PTS
  • Pilih PT > Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Surakarta
  • Pilih Program Studi S1 Informatika

 

PERSYARATAN Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023

  1. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan
    (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun
    sebelumnya;
  2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru STMIK AMIKOM Surakarta.
  3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin
    dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah . (lihat berkas persyaratan)
  4. Sudah terdaftar secara resmi di sistem KIP https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login;
  5. Maksimal berusia 21 tahun saat proses pendaftaran;
  6. Belum pernah tercatat sebagai penerima beasiswa KIP sebelumnya di PT penyelenggara;

 

PERSYARATAN EKONOMI SEBAGAI Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023, Mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan:

  1. Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah;
  2. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan
    oleh Kementerian Sosial seperti: Bansos Program Keluarga Harapan (PKH); Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan
    Kesehatan (PBI JK); Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT);
  3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan
    Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan;
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan;
  5. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan: 
  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000; dan
  • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/ kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

 

Berkas Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP Kuliah yang harus dipenuhi

  1. Scan Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP K yang didownload dari SIM KIP K;
  2. Scan Surat Pernyataan penerima PIP Pendidikan Tinggi (dilengkapi admin KIP PTS)
  3. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah (bila belum menerima Ijazah);
  4. Scan asli ijazah/ scan fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Scan asli/ fotokopi legalisir Kepala Sekolah Sertifikat Hasil ujian Nasional (SHUN);
  6. Scan asli/ Fotokopi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima);
  7. Scan asli Surat keterangan prestasi/peringkat siswa di kelas dan/atau prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan Kepala Sekolah;
  8. Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBJ JK), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), bukti terdaftar di DTKS Kemensos, kartu miskin Kemensos, terdaftar maksimal desil 3 di P3KE, atau kartu sejenisnya, dan surat keterangan berasal dari panti sosial/asuhan (jika ada);
  9. Scan Surat Keterangan Tidak Mampu (jika bukan penerima KIP/bantuan Kemensos ) yang telah dikeluarkan hingga kelurahan
  10. Scan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali yang diketahui sampai kelurahan atau slip gaji orang tua yang distempel instansi;
  11. Scan asli/ fotokopi KTP mahasiswa;
  12. Scan asli/ Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  13. Scan Buku Tabungan Rekening Bank BRI Britama Bantuan Kerjasama (dibuatkan kampus cukup kirim Scan KTP, No. Hp Aktif, Email)
  14. Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Mahasiswa yang tercantum Status Sosial Ekonomi DTKS)
  15. Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Keluarga)
  16. Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Rumah Tampak Depan, Samping, kamar mandi, kamar tidur )
  17. Screenshot Hasil Upload Foto di Sim KIP K (Foto Rumah di Ruang Tamu/Keluarga)
  18. Screenshot Hasil Upload Berkas di Sim KIP K (SKTM/KIP/BSM)
  19. Scan Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terbaru.
  • Berkas File scan format nomer dan filename keterangan sesuai dengan nomer diatas (contoh 1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP K .dst)
  • Format file diunggah dalam format PDF/JPEG/PNG

Pengumpulan  dalam bentuk softfile dan hardcopy paling lambat Jumat, 24 Oktober 2023, softfile wajib diupload ke google drive akun google sendiri kemudian link google drive dikirim ke humas@amikomsolo.ac.id atau copy data via flashdisk, Hardcopy dikumpulkan dalam Map Merah ke Kampus STMIK AMIKOM SURAKARTA, sebelum mengumpulkan ke kampus harap konfirmasi terlebih dahulu. Informasi KIP Kuliah kontak whatsapp admin 081225124380/085645083664